Pengertian Ekonomi, Ilmu Ekonomi, Manfaat Mempelajarinya, Penggolongan Ilmu Ekonomi, dan Teori Fungsi Mikro Ekonomi

Ilmu Ekonomi merupakan suatu bidang ilmu yang merupakan ilmu sosilal yang tidak dipelajari oleh semua kalangan, padahal pada setiap kehidupan tindakan ekonomi maupun kegiatan ekonomi sendiri merupakan aktivitas yang pasti selalu dilalui oleh setiap orang sampai akhir hidupnya. Tujuan dari sistem ekonomi yaitu untuk memeratakan kesejahteraan di suatu negara melalui pengelolaan sumber daya. Kebutuhan untuk dapat menyejahterakan baik individu, masyarakat dan negara akan menciptakan 3 prinsip ekonomi yaitu produksi, distribusi dan konsumsi.

Pengertian Ekonomi dan Prinsip Ekonomi

Ekonomi Ekonomi adalah ilmu sosial yang mempelajari perilaku manusia dalam mengelola sumber daya yang terbatas dan menyalurkannya kedalam berbagai individu atau kelompok yang ada dalam suatu masyarakat.

Pengertian Ilmu Ekonomi

Secara umum, pengertian ilmu ekonomi adalah suatu bidang ilmu yang mempelajari mengenai pengelolaan sumber daya, baik secara perorangan, kelompok masyarakat, hingga suatu negara dalam upaya kesejahteraan.

Menurut KBBI ilmu ekonomi adalah asas-asas produksi, distribusi, dan pemakaian barang-barang serta kekayaan (seperti keuangan, perindustrian, dan perdagangan) serta berbagai hal mengenai pemnfaatan uang, tenaga, waktu, dan sebagainya yang berharga.

Menurut Ensiklopedi Indonesia ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari usaha-usaha manusia untuk mencapai kemakmuran serta gejala-gejala dan hubungan yang timbul dari usaha tersebut.

Menurut Wikipedia ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Inti masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas.

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Beberapa Ahli

Aristoteles

Aristoteles berpendapat bahwa ilmu ekonomi adalah suatu cabang yang bisa digunakan melalui dua jalan yaitu adanya kemungkinan untuk dipakai dan kemungkinan untuk ditukarkan dengan barang. (Nilai pemakaian dan nilai pertukaran).

Adam Smith

Ilmu ekonomi menurut Adam Smith, merupakan ilmu sistematis yang mempelajari tingkah laku manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas untuk mencapai tujuan tertentu.

Richard G. Lipsey

Richard G. Lipsey mengutarakan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari pemanfaatan sumber daya yang langka guna media yang tidak terbatas.

Abraham Maslow

Abraham Maslow berpendapat bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang berguna untuk menyelesaikan berbagai permasalahan hidup manusia. Permasalahan disini tentunya berupa masalah tentang perekonomian sesuai prinsip dan teori yang efektif serta efisien.

M. Manullang

Menurut M. Manullang ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana memenuhi keinginan manusia atau masyarakat demi tercapainya kemakmuran. Kemakmuran adalah kondisi dimana manusia bisa memenuhi kebutuhannya, baik berupa barang atau jasa.

Suherman Rosyidi

Filsuf asal indonesia Suherman Rosyidi mengatakan, pengertian ilmu ekonomi adalah cabang ilmu pengetahuan yang sungguh-sungguh memberikan pengetahuan. Pengetahuan disini maksudnya segala yang berkaitan dengan gejala-gejala yang timbul di lingkungan masyarakat. Gejala-gejala tersebut timbul akibat sejumlah perbuatan manusia itu sendiri.Perbuatan manusia ini adalah upaya-upaya mereka dalam rangka memenuhi kebutuhan. Dengan kata lain usaha untuk mencapai kemakmuran hidup manusia.

Manfaat Mempelajari Ilmu Ekonomi

Dengan mempelajari ilmu ekonomi, kita dapat merasakan manfaat sebagai berikut :

  1. Setiap manusia pasti berusaha mengatur kebutuhan ekonominya, maka dari itu ilmu ekonomi sangat berperan penting di sektor kebutuhan manusia.
  2. Ilmu ekonomi sangat berperan penting bagi suatu daerah, baik daerah kecil maupun besar seperti negara, karena ilmu ini dapat meningkatkan taraf hidup Sumber Daya Manusia.
  3. Ilmu ekonomi sangat berperan penting dalam mengatur prinsip kebutuhan pokok sosial / masyarakat.
  4. Mempelajari ilmu ekonomi dapat melatih seseorang agar berjiwa Sosial dan bersifat teliti ( cermat ) serta ekonomis.
  5. Mempelajari ilmu ekonomi dapat melatih seseorang agar mampu mengatur atau mengelola nilai nominal dengan baik dan bijak.
  6. Mempelajari ilmu ekonomi sangat penting ,dan hal pokok bagi setiap masyarakat khususnya dalam ruang lingkup keluarga, tujuannya agar dapat dengan cermat mengatur skala prioritas kebutuhan dari keperluan yang terpenting/ mendesak terlebih dahulu.
  7. Mempelajari ilmu ekonomi melatih seseorang agar dapat mandiri dalam berwirausaha dan mengelola kebutuhanya.
  8. Memberikan pemahaman atas kebijakan dan keterbatasan kebijakan ekonomi

Penggolongan Ilmu Ekonomi

Ilmu Ekonomi digolongkan menjadi 3 kelompok dasar, yaitu :

1.Ekonomi Deskriptif (Descriptive Economics)

Kelompok ekonomi deskriptif bekerja dengan mengumpulkan informasi-informasi atau keterangan faktual mengenai masalah ekonomi serta menggambarkan keadaan perekonomian yang sebenarnya terjadi di masyarakat.

Ekonomi deskriptif memberikan penjelasan yang melibatkan penentuan awal (identifikasi), memberikan pengertian, kompilasi informasi, pengukuran keadaan, serta pengumpulan data. Dengan aktivitas ini, diperoleh sejumlah pengetahuan tentang fakta-fakta atau data empiris yang ada, seperti contoh: jumlah Angkatan kerja, asal usul lembaga ekonomi, struktur serikat buruh, dan lain-lain.

2.Teori Ekonomi (Economics Theory)

Teori ekonomi (economic theory) merupakan ilmu yang mempelajari secara teoritis dan konsep dasar perilaku individu dan masyarakat dalam menentukan alokasi atas sumber daya yang langka dalam upaya memenuhi dan meningkatkan kualitas hidupnya.

Ini berarti analisis ekonomi yang menjelaskan, mencari pengertian, hubungan sebab akibat, dan cara kerja sistem ekonomi. Teori ekonomi ini merupakan kerangka konsep yang berasal dari beberapa data nyata yang disusun, diolah, serta diuji coba sehingga membentuk asumsi yang bersifat umum. Teori ekonomi ini dibagi menjadi dua yaitu :

a. Ekonomi Makro

Bagian dari ilmu ekonomi yang khusus mempelajari mekanisme kerja perekonomian secara keseluruhan. Ekonomi makro meliputi fenomena ekonomi yang luas seperti tingkat pengangguran, tingkat pertumbuhan ekonomi, inflasi, pendapatan nasional, dan tingkat harga. Tujuan ekonomi makro ini adalah untuk memahami berbagai peristiwa ekonomi dan merumuskan serta memperbaiki kebijakan ekonomi.

b. Ekonomi Mikro

Ekonomi mikro merupakan bagian ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku individu serta rumah tangga produksi atau perusahaan dalam membuat keputusan untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas. Contohnya adalah perilaku konsumen atau produsen, permintaan, penawaran, biaya produksi, dan lain-lain.

Ekonomi Terapan (Applied Economics)

Ekonomi terapan (applied economics) artinya ilmu ekonomi yang mengkaji ekonomi teori untuk diterapkan dalam kehidupan nyata di mana bersifat praktis dan dapat diterapkan di berbagai bidang.

Ekonomi terapan ini merupakan analisis ekonomi teori untuk merumuskan kebijakan dan pedoman yang tepat untuk menangani masalah ekonomi pada masalah tertentu seperti ekonomi di perusahaan, ekonomi perbankan, dan lain-lain.

Kegiatan Ekonomi

Kegiatan Ekonomi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan manusia dalam mengelola sumber daya yang ada dan menyalurkannya kepada tiap individu dan kelompok yang ada dalam suatu masyarakat melalui 3 prinsip ekonomi yakni, produksi, konsumsi dan distribusi.

1.Produksi

Produksi adalah suatu kegiatan yang dikerjakan untuk menambah nilai guna suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan. Kegiatan menambah daya guna suatu benda tanpa mengubah bentuknya dinamakan produksi jasa. Sedangkan orang yang melakukan kegiatan produksi disebut produsen.

2.Konsumsi

Konsumsi ialah suatu kegiatan yang bertujuan mengurangi atau menghabiskan daya guna suatu benda, baik berupa barang maupun jasa, untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan secara langsung. Konsumen adalah pemakai barang dan atau jasa.

3.Distribusi

Distribusi adalah salah satu aspek dari pemasaran. Distribusi juga dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen kepada konsumen. Orang yang melakukan kegiatan distribusi disebut distributor.

Sumber Daya Ekonomi

Sumber Daya Ekonomi adalah segala sumber daya yang dimiliki berupa barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan manusia, baik itu yang berasal dari sumber daya alam (SDA) maupun dari sumber daya manusia (SDM) yang dapat memberikan manfaat atau keuntungan (benefit), serta dapat diolah sebagai modal dasar dalam pembangunan ekonomi. Sumber daya ekonomi merupakan salah satu bentuk dari sumber daya konsumen.contohnya:sumber daya alam,sumber daya manusia, sumber daya modal,sumber daya kewirausahaan.

Contoh dari sumber daya ekonomi / faktor-faktor produksi :

1.Sumber Daya Alam (SDA)
Semua sumber / kekayaan yang berasal dari alam (Tanah, air, angin, cahaya matahari, mineral, dsb).
Contoh: Sumber daya tanah dapat dimanfaatkan sebagai lahan perkebunan, lalu hasil perkebunan tersebut dijual sehingga menghasilkan keuntungan.

2.Sumber Daya Manusia (SDM)
Semua kegiatan manusia baik jasmani (fisik) maupun rohani yang bertujuan untuk kegiatan produksi.
Contoh: Petani, nelayan, buruh, karyawan, pegawai, dll.

3.Sumber Daya Kewirausahaan
Suatu sikap, perilaku, semangat seseorang dalam menangani sebuah usaha atau kegiatan ekonomi, sehingga dapat menghasilkan keuntungan.
Contoh: Pengusaha kain, pengusaha tahu & tempe, pengusaha peternakan, dll.

3.Sumber Daya Modal
Sumber daya yang dibuat oleh manusia baik berupa uang maupun barang yang dapat digunakan dalam membantu proses kegiatan produksi.
Contoh: Uang, bahan baku, bahan bakar, mesin, bangunan / gedung untuk tempat produksi, dll.

Hasil Kegiatan Produksi

Hasil dari kegiatan produksi (output) merupakan Hasil dari tahap pemrosesan produk yang berupa produk baru. Hasil kegiatan produksi dibagi menjadi 2 yaitu barang setengah jadi dan barang jadi.

1.Barang Setengah Jadi

Barang setengah jadi adalah bahan baku yang telah diolah dan telah melalui beberapa kali tahap produksi. Meskipun demikian, barang setengah jadi ini belum bisa langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia karena belum menjadi produk siap pakai. Barang setengah jadi memiliki nilai yang masih rendah dan jika diolah lebih jauh akan menjadi barang berkualitas dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Contoh : Pada benang, awalnya benang berasal dari bahan baku kapas. Yang kemudian benang jika diolah lebih lanjut akan menjadi kain. Dengan demikian benang merupakan bahan setengah jadi karena membutuhkan proses lebih lanjut supaya bisa menjadi barang yang berguna

2.Barang Jadi

Barang Jadi ialah barang yang telah diproses sehingga jadi barang yang dapat maanfaatkannya dan dirasakan kegunaannya

Contoh : Buku, karena lembaran buku kertasnya terbuat dari getah pohon karet yang telah diolah

Sistem Ekonomi

Berbagai perekonomian yang ada di dunia ini diorganisasikan secara berbeda-beda. Bentuk organisasi perekonomian tersebut sangat dipengaruhi oleh nilai-nilai kebudayaan, pandangan politik dan ideologi ekonomi dari masyarakat tersebut. Secara garis besar, organisasi perekonomian yang ada disuatu negara dapat dibedakan menjadi 3 bentuk, yakni :

1.Sistem Pasar Bebas (Laissez-Faire)

Kata laissez faire berasal dari bahasa Perancis yang berarti “Biarlah mereka melakukan pekerjaan mereka”. Maka pada hakikatnya dalam laissez faire masyarakat diberikan kebebasan sepenuhnya untuk menentukan kegiatan ekonomi yang ingin mereka lakukan. Artinya, pemerintah sama sekali tidak ikut campur tangan dan tidak berusaha mempengaruhi kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat. Seluruh sumber daya yang dimiliki dan dikuasai oleh anggota-anggota masyarakat dan mereka mempunyai kebebasan penuh untuk menentukan bagaimana sumber daya tersebut akan digunakan.

2.Sistem Ekonomi campuran

Sistem ekonomi campuran adalah sistem ekonomi yang dikendalikan dan diawasi oleh pemerintah tetapi masyarakat masih mempunyai kebebasan yang cukup luas untuk menentukan kegiatan ekonomi yang mereka ingin jalankan. Dalam perekonomian campuran, tujuan pokok dari campur tangan pemerintah adalah untuk menghindari akibat-akibat yang kurang menguntungkan dari sistem pasar bebas. Misalnya golongan yang lemah makin lama makin tertindas dan golongan yang kuat memperkukuh kedudukannya. contoh lain, didalam mekanisme pasar yang sangat bebas, kegiatan perekonomian cenderung akan mengalami siklus naik dan turun yang relatif besar.

3.Sistem Ekonomi Perencanaan Pusat

Sistem ekonomi ini dipraktekan oleh negara-negara komunis pada tahun 1970-an. Pada sistem perekonomian ini, pemerintah sepenuhnya menentukan corak kegiatan ekonomi yang akan dilakukan termasuk kegiatan-kegiatan produksi yang harus dilakukan dalam beberapa tahun mendatang dan biasanya meliputi masa lima tahun. kegiatan ekonomi tersebut juga disebut sebagai “command Economy” atau kegiatan perekonomian yang diatur oleh pemerintah pusat.

Teori dan Fungsi Ekonomi Mikro

Teori Ekonomi Mikro terbagi menjadi 3, diantaranya :

1.Teori Harga

Teori harga sendiri menjelaskan tentang harga keseimbangan antara penjual dan pembeli dimana keduanya melakukan proses tawar menawar hingga tercapai suatu kesepakatan pada tingkat harga tertentu.

2.Teori Produksi

Teori Produksi menjelaskan tentang semua hal yang berhubungan dengan tingkat biaya yang dibutuhkan dari suatu proses produksi.

3.Teori Distribusi

Teori distribusi dilakukan dengan tujuan menganalisis upah tenaga kerja, keuntungan serta besarnya bunga yang harus dibayarkan kepada para pemilik modal. Teori distribusi sebagai aktifitas penyaluran produk dari produsen kepada konsumen akhir melalui beberapa saluran distribusi.

Teori ini sebagai bahan pertimbangan waktu pemesanan, ketahanan produk, dan jarak antara produsen dan konsumen. Distribusi sendiri bukan hanya tentang menyalurkan suatu produk dari produsen ke konsumen, tapi juga promosi dan pengemasan produk.

4.Teori Konsumsi

Teori konsumsi adalah teori yang mengacu kepada perilaku beragam konsumen dalam konteks memenuhi kebutuhannya. Kurva permintaan pasar sebagai turunan dari kurva permintaan individual consumer demand. Penurunan kurva ini sendiri didapat melalui pendekatan teori konsumsi.

Subjek bahasan yang dapat dipelajari dalam teori konsumsi ini secara umum adalah Konsep Utility (Kegunaan), Hubungan Kegunaan Barang dan Jumlah Barang, Prilaku Konsumen (Consumer Behavior), Syarat Tercapai Kepuasan atau Kegunaan Maksimum, Marginal Utility dan Kurva Indiferen

Fungsi dari ekonomi mikro adalah sebagai cara untuk mengalokasikan sumber daya untuk mendapatkan keuntungan seperti yang diharapkan. Lain halnya, dengan ekonomi makro yang lebih mengutamakan pengaruh dari kegiatan ekonomi sendiri dalam skala nasional maupun internasional.

Referensi

Kuswanti, H. (2016, Februari 15). Sejarah Singkat dan Pengertian Ilmu Ekonomi [Halaman Web]. Diakses dari https://www.dkampus.com/2016/02/sejarah-singkat-dan-pengertian-ilmu-ekonomi/

https://id.wikipedia.org/wiki/Ekonomi

Nuraini, T. (2021, Mei 19). Pahami Pengertian Ekonomi dan Ketiga Prinsipnya, Agar Tidak Salah [Halaman Web]. Diakses dari https://www.merdeka.com/trending/pahami-pengertian-ekonomi-dan-ketiga-prinsipnya-agar-tidak-salah.html

Sakinah, T. (2020, Maret 23). Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli. [Halaman Web]. Diakses dari https://www.stiepasim.ac.id/pengertian-ilmu-ekonomi-menurut-para-ahli/

Ramadhani, N. (2020, November 6). Pengertian Serta Contoh Kegiatan Produksi!. [Halaman Web]. Diakses dari https://www.akseleran.co.id/blog/kegiatan-produksi/

Zakky. (2018, Maret 26). Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli & Definisinya Secara Umum. [Halaman Web]. Diakses dari https://www.zonareferensi.com/pengertian-ilmu-ekonomi/

Bangun, Wilson. 2007. Teori Ekonomi Mikro. Bandung: PT Refika Aditama.

Sukirno, Sadono. 2013. Mikroekonomi Teori Pengantar Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sukirno, Sadono. 2016. Mikroekonomi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web Anda dengan WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: